Selasa, 27 November 2012

Lambang dan Korps PASKIBRAKA

lambang dan korps PASKIBRAKA itu berbeda , hmm apa yang ada di benak kalian ? benderakah atau anggotanya ?? hahahaaa. mungkin kalau korps kalian sudah pernah liat , tapi bagaimana dengan lambangnya, apa kalian sudah pernah liat ? yuukk langsung aja di liat di bawah. ets jangan cuma diliat yyaa, tapi di baca juga maknanya, di pahami diresapi hehe tunjukan jiwa idealisme kalian B) okhhee




Lambang PASKIBRAKA
 

Pada tahun 1973 Bapak Idik Sulaeman menciptakan lambang anggota, yang dimiliki

sampai sekarang. Berikut penjelasan dari lambang Paskibraka.

1. Bunga teratai yang tumbuh dari lumpur (tanah) dan berkembang di atas air.
    Hal ini bermakna bahwa anggota PASKIBRAKA adalah pemuda yang tumbuh dari bawah (orang biasa)  dari tanah air yang sedang berkembang (mekar) dan membangun.
2. Bunga teratai berdaun bunga 3 helai tumbuh ke atas dan 3 helai tumbuh mendatar.
    3 helai pertama bermakna: belajar, bekerja dan berbakti, 3 helai lain bermakna: aktif, disiplin dan gembira.
3. Mata rantai berkaitan.
    Melambangkan persaudaraan yang akrab antar sesama generasi muda Indonesia yang ada diberbagai pelosok penjuru (16 penjuru mata angin) tanah air. Rantai persaudaraan tanpa memandang asal suku, agama, status sosial dan golongan akan membentuk jalinan mata rantai persaudaraan sebangsa yang kokoh dan kuat. Sehingga mampu menangkal bentuk pengaruh dari luar dan memperkuat pertahanan nasional, melalui jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan yang telah tertanam dalam dada setiap anggota PASKIBRAKA.




KORPS PASKIBRAKA


Lambang Korps Paskibraka sejak tahun 1973 di tetapkan seperti pada gambar yang disetiap gambar memiliki makna yang berbeda-beda.
         1.      Bentuk perisai bermakna “Siap bela negara” termasuk bangsa dan tanah air Indonesia, warna hitam bermakna teguh dan percaya diri. 
         2.     Sepasang anggota Paskibraka bermakna bahwa Paskibraka terdiri dari anggota putra dan anggota putri yang dengan keteguhan hati bertekad untuk mengabdi dan berkarya bagi pembangunan Indonesia.   
         3.     Bendera Merah Putih yang sedang berkibar adalah bendera kebangsaan dan utama Indonesia yang harus dijunjung tinggi seluruh bangsa Indonesia termasuk generasi mudanya, termasuk Paskibraka.   
          4.     Garis berwarna kuning atau 3 (tiga) garis menunjukan ada Paskibraka di 3 (tiga) tingkat, yaitu Nasional, provinsi, dan Kabupaten / Kotamadya.  
          5.     Warna kuning berarti kebanggaan, keteladanan dalam hal perilaku dan sikap setiap anggota Paskibraka. 


 Gimana? Menarik kan? :D
JANGAN CUMA DIBACA, TANAMKAN DALAM JIWA !!

Download  

0 komentar:

Poskan Komentar