Selasa, 27 November 2012

Lambang dan Makna Garuda Pancasila

Anda masih ingat dengan "GARUDA PANCASILA". Tentunya donk...anda harus selalu ingat akan Lambang Negara Indonesia ini.

Dari survey di berbagai kalangan, dari generasi tua, generasi muda, anak-anak SD, SMP, SLTA dan Perguruan Tinggi, yang masih ingat akan arti dan maksud dari Lambang Negara kita ini, kebanyakan dari generasi tua, yach sekitar angkatan 35 keatas.





Mengapa banyak kalangan generasi muda sudah melupakan akan makna dan arti dari Garuda Pancasila, padahal mereka rata-rata masih duduk dibangku sekolah... Oke dech, sekedar mengingatkan agar rekan-rekan pembaca Blog saya ini bisa ingat terus dan selalu menghayati arti dan makna dari Lambang Negara Republik Indonesia ini "GARUDA PANCASILA", baiklah... akan saya uraikan makna dan arti yang terkandung dalam "GARUDA PANCASILA".








PERTAMA
Burung Garuda melambangkan kekuatan, yang berarti Bangsa dan Negara Republik Indonesia, selalu kuat dalam keadaan apapun. Kita harus selalu ingat akan perjuangan Generasi kita terdahulu, yang selalu kuat dalam menghadapi penjajah walaupun cuma bersenjatakan Bambu Runcing. Bangsa Indonesia selalu kuat dan tabah dalam menghadapi segala masalah, hal ini sudah terbukti dengan sejarah yang telah terukir.

KEDUA
Burung Garuda Pancasila berwarnakan emas, hal ini melambangkan Kejayaan.
Bahwa Indonesia, dimanapun, kapanpun dan apapun adanya, selalu Jaya di mata siapapun.

KETIGA
Perisai yang ada di dada Burung Garuda Pancasila, melambangkan Pertahanan Bangsa Indonesia..

KEEMPAT
Simbol-simbol yang berada di perisai Burung Garuda Pancasila melambangkan sila-sila dalam Pancasila (lima dasar) Falsafah hidup Bangsa Indonesia.

  1. Bintang melambangkan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa (Sila Pertama)
  2. Rantai melambangkan Sila Kemanusian Yang Adil dan Beradab (Sila Kedua)
  3. Pohon Beringin melambangkan Sila Persatuan Indonesia (Sila Ketiga)
  4. Kepala Banteng melambangkan Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat, Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan (sila Keempat)
  5. Padi dan Kapas melambangkan Sila Kedilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia (Sila Kelima)

KELIMA
Warna Merah Putih melambangkan warna Bendera Nasional Bangsa Indonesia, Merah melambangkan Keberaniaan, dan Putih melambangkan Kesucian.

KEENAM
Garis hitam tebal yang melintang di Perisai Burung Garuda Pancasila melambangkan Indonesia dilalui oleh Garis Khatulistiwa.

KETUJUH
Anda tentu ingat khan..., "Hari Kemerdekaan Republik Indonesia"....selalu diperingati setiap tahun...masa lupa sich...(nggak lucu khan...???). Oke..., Kemerdekaan RI di Proklamirkan oleh Bapak Proklamator kita yaitu Bung Karno dan Bung Hatta, di Pegangsaan Timur 56 - Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945 hari Jum'at sekitar jam 10 pagi. Peristiwa ini disimbolkan oleh burung "GARUDA PANCASILA" yaitu :
  • Jumlah bulu pada masing-masing Sayap Burung Garuda Pancasila = 17
  • Jumlah bulu pada Ekor Burung Garuda Pancasila = 8
  • Jumlah bulu di bawah Perisai / Pangkal Ekor Burung Garuda Pancasila = 19
  • Jumlah bulu di Leher Burung Garuda Pancasila = 45

KEDELAPAN
Pita yang dicengkeram oleh Burung Garuda Pancasila bertuliskan semboyan Negara Republik Indonesia yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.








Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar